Kamis, 16 Juni 2011

BRI, Emiten Terbaik Indonesia 2010  

TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO Interaktif, Jakarta -Sebanyak 15 emiten menerima penghargaan Indonesian Financial Review (IFR) Award sebagai perusahaan publik terbaik Indonesia 2010. Adapun emiten terbaik untuk semua kategori (best of the best) adalah PT Bank Rakyat Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK) Nurhaida, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Ito Warsito, CEO PT Tempo Inti Media Bambang Harymurti, Corporate Chief Editor Tempo Toriq Hadad, serta pendiri Independent Research and Advisory Indonesia (IRAI) Lin Che Wei di Hotel Shangrilla, Selasa malam, 31 Mei 2011.

Ke-15 emiten penerima penghargaan tersebut adalah PT Astra International Tbk, PT Indocement Tbk, PT Astra Otoparts Tbk, PT Unilever Tbk, PT Gudang Garam Tbk, PT United Tractor Tbk, PT XL Axiata Tbk, PT Perusahaan Gas Negara Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Inco Tbk, PT Bayan Resources Tbk, dan PT Aneka Tambang Tbk.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas upaya masing-masing emiten mempertahankan kinerja perusahaan dan bahkan melipatgandakan keuntungan. Penilaian didasarkan pada Earning Scorecard oleh tim analis IFR yang dipimpin Lin Che Wei dan telah dipublikasikan pada edisi Mei 2011.

Analis senior IFR, Lin Che Wei, mengatakan dari data-data perusahaan yang dikalkulasi, terungkap bagaimana kondisi bursa sesungguhnya. Mengacu pada kenaikan harga saham per sektor, terlihat bahwa kenaikan harga saham dari semua sektor jauh melebihi pertumbuhan laba perusahaan, kecuali untuk sektor pertanian. Sektor yang harga sahamnya naik tajam adalah konsumer dan perdagangan, properti dan real estate, serta industri yang mencakup aneka industri dan industri dasar.

Kenaikan harga saham sektor pertambangan juga masih sangat kuat, meskipun tidak didukung oleh pertumbuhan laba memadai. "Ini menunjukkan bahwa pengaruh faktor likuiditas atau aliran modal masuk (capital inflow) ke Indonesia masih jauh lebih kencang ketimbang perbaikan dari sudut fundamental," kata Lin Che Wei, Selasa malam, 31 Mei 2011.

IFR Earning scorecard mencakup penilaian terhadap 424 emiten terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Seleksi dilakukan berjenjang dengan mengeluarkan perusahaan yang tidak memenuhi kriteria, seperti perusahaan belum menyampaikan laporan keuangan, tidak likuid, pertumbuhan kinerja tidak wajar serta baru melantai di bursa pada 2010. Perusahaan yang baru masuk bursa juga dikeluarkan dari daftar, agar mengurangi bias akibat lonjakan harga saham yang biasanya bersifat temporer.

Selanjutnya dengan melihat 10 kriteria yang mencakup tingkat pengembalian modal (RoE), tingkat pengembalian aset (RoA), kinerja harga saham, laba per saham, net margin, pertumbuhan pendapatan, pendapatan per karyawan, price to book value, kapitalisasi pasar dan laba perusahaan didapat 15 emiten terbaik yang diberikan penghargaan.

IFR Earnings scorecard menyatakan BRI terpilih sebagai emiten terbaik secara keseluruhan dan juga emiten terbaik di sektor finansial dengan skor 8,33 poin. Secara garis besar, IFR Earnings scorecard merupakan pemeringkatan berdasarkan laporan keuangan per Desember 2010. Tahun 2010, BRI merupakan bank dengan laba terbesar sebesar Rp 11,5 triliun, tingkat pengembalian modal 43,8 persen, kenaikan harga saham 37,3 persen, pertumbuhan pendapatan 29,8 persen.

"Kenaikan pendapatan dan laba kami ditopang oleh sektor kredit mikro, kredit BUMN, lonjakan dana murah, serta tugas kami sebagai pengelola rekening tunggal dana pemerintah," ujar Direktur Utama BRI Sofyan Basir.

IFR adalah terbitan berkala di majalah TEMPO hasil kerjasama Pusat Data dan Analisa Tempo (PDAT) dan Independent Research and Advisory Indonesia (IRAI). IFR Earning Scorecard ini merupakan metode untuk mengukur sekaligus melakukan pemeringkatan terhadap emiten terbaik sesuai dengan kinerjanya tahun 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUKAR LINK YO! (link exchange) : isi linkmu trus coment dibawahnya...OK!